Tips Menulis Artikel Yang Baik Dan Berkualitas Untuk Blog


Sebaiknya, meskipun anda tidak mempunyai ide untuk menulis artikel, lebih baik tahan dulu, janganlah membuat artikel yang sama sekali tidak berhubungan dengan blog anda. Karena google lebih menyukai blog yang memiliki niche yang jelas.

Memilih artikel yang baik untuk blog anda sangatlah penting. Google sangat menyukai blog yang memiliki artikel yang jelas. Inilah beberapa Tips untuk memilih artikel blog yang baik.




Tips Memilih Artikel Blog :

Buatlah Artikel Sesuai Topik Blog

Seperti yang saya katakan diatas, niche blog sangatlah penting. Jika sekarang blog anda belum memiliki niche yang jelas, ada baiknya jika anda memberi niche pada blog anda. Niche blog akan membantu kita dalam menentukan topik dan memfokuskan artikel pada topik tersebut. Buatlah sebuah blog yang memiliki tujuan dan jangan asal menulis artikel.

Jika anda sudah menentukan niche/topik blog anda. Maka sebaiknya anda jangan pernah keluar dari topik pembahasan tersebut. Misalkan niche blog anda adalah Game PC, maka janganlah pernah membuat artikel tentang Kesehatan. Meskipun demikian anda masih bisa membuat artikel tentang Software karena Game juga merupakan sebuah Software.


Bahasa yang baku

Pengunjung akan lebih mudah memahami artikel anda apabila anda menuliskan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika penulisan bahasa pada artikel anda Amburadul, maka pengunjung juga akan menilai blog anda seperti itu.


Penjelasan yang lengkap


Suatu artikel dapat dikatakan sukses jika dapat menjelaskan suatu topik secara lengkap dan jelas. Buatlah setidaknya 400 kata pada artikel anda dan berikan pengunjung konten terbaik yang dapat anda tulis.


Format dan bentuk fisik artikel

Jika Anda menulis artikel untuk blog atau website, yang perlu diperhatikan adalah desain. Perhatikan untuk warna background dan warna huruf. Pilihlah bentuk huruf yang mudah dibaca, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Selain itu, untuk penggunaan bold, italic, underline juga harus sesuai.


Bermanfaat dan faktual

Agar artikel yang Anda buat cepat populer dan dinilai baik maka artikel tersebut harus bermanfaat bagi orang lain. Artikel yang baik tidak harus berisi tentang tips, tutorial  atau trik membuat sesuatu. Namun artikel yang baik biasanya dapat memberikan informasi yang valid untuk para pembaca. Selain memberikan informasi, artikel yang Anda buat juga dapat menjadi referensi bagi penulis-penulis lain sehingga artikel yang Anda buat menjadi sangat populer.


Penulisan kata dan tanda baca

Anda harus memperhatikan penulisan kata dan tanda baca yang benar agar ejaan dalam artikel yang Anda buat enak dibaca. Patikan penggunaan huruf besar sudah benar seperti menulis kota dan nama, selain itu penggunaan tanda titik, koma, tanda tanya dan sebagainya. Penulisan artikel dengan melakukan benyak kesalahan  akan terlihat tidak profesional dan membuat pembaca tidak betah membacanya.


Pemilihan judul yang menarik

Judul yang menarik dalam sebuah artikel akan mengundang pembaca untuk mengunjunginya. Hal ini sangat diperlukan terutama jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog. Selain judul yang menarik, Anda juga perlu menambahkan kata kunci yang menarik dari Google. Hal ini bertujuan agar Anda akan lebih mudah mendapatkan pembaca dan artikel Anda juga akan berkualitas.


Bahasa yang mudah dipahami

Tips menulis artikel yang baik di blog yang terakhir adalah bahasa yang mudah dipahami. Usahakan dalam membuat artikel di dalam blog jangan membuat bahasa yang berbelit-belit. Hal ini akan membuat pembaca bingung dan akhirnya tidak betah untuk membacanya. Gunakan bahasa baku dalam kehidupan sehari-hari agar mudah dipahami.


Itulah beberapa Tips untuk memilih artikel yang baik. Insyaallah kalau ada waktu akan saya tambah kembali. Sekian, semoga bermanfaat.




0 komentar: